RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Kompetensi kejuruan Mekanik Otomotif
Kelas/Semester : III / I
Alokasi Waktu : 8 x 40
menit
Bidang studi
keahlian :
teknologi dan rekayasa
Program studi
keahlian : teknik
otomotif
Kompetensi keahlian : teknik kendaraan
ringan
Standart Kompetensi : 10. memperbaiki poros
penggerak roda
Kompetensi Dasar :
10.1 memelihara/servis poros penggerak roda/drive shaft dan momponen – komponennya
Indikator pencapaian kompetensi:
ü
Prinsip
kerja penngerak roda dijelaskan sesuai buku informasi
ü
Jenis,
konstruksi dan komponen penggerak roda dijelaskan sesuai buku informasi
ü
Prosedur
pemeliharaan poros penggerak roda dijelaskan sesuai servis manual
ü
Pemeliharaan/servis
poros penggerak roda dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen
atau sistem lain
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah materi ini dipelajari, siswa diharapkan
dapat :
1.
Menjelaskan
prinsip kerja poros penggerak
2.
Menjelaskan
konstruksi dan komponen poros penggerak
3.
Menjelaskan
prosedur pemeliharaan / servis komponen poros peggerak
4.
Memeriksa
komponen poros penggerak
5.
Menjelaskan
cara membongkar dan memasang komponen poros penggerak
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
ü Jenis dan komponen penggerak roda
ü Pemeliharaan poros penggerak roda/drive
shaft
III.
METODE
PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya
jawab
4.
Demonstrasi
5.
Praktek
IV.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
KEGIATAN
|
1.
|
Pendahuluan
1. Menyiapkan siswa berdoa, pemberian salam
dan presensi
2.
Memotivasi siswa tentang materi yang akan diberikan
|
2.
|
Kegiatan inti :
4. Menjelaskan cara pemeriksaan komponen
propeller shaft
5. Guru menjelaskan cara membongkar dan pemeriksaan propeller shaft
7. Guru
mendemontrasikan teknik membongkar propeller shaft
|
3.
|
Kegiatan Penutup
|
V.
ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
a. Alat :
- unit poros penggerak roda
- unit kendaraan
- special tool
b. Sumber belajar : - Modul pemeliharaan/servis
poros penggerak roda
-
Dasar-dasar automobile, Toyota Astra
VI.
PENILAIAN
Lembaran Soal dan Penilaian
No
|
Bentuk dan Butir soal
|
Uraian jawaban
|
Skor maks
|
1.
|
Jelaskan prinsip kerja poros penggerak
|
25
|
|
2.
|
konstruksi poros penggerak
|
25
|
|
3.
|
Jelaskan cara pengujian kerusakan propeller shaft
|
25
|
|
4.
|
Jelaskan cara membongkar propeller shaft
|
25
|
|
Jumlah Skor Maksimal
|
100
|
KKM ( KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL )
Mengacu kepada standart minimal penguasaan
kompetensi di dunia kerja yang bersangkutan.
- Kompeten/lulus
- Tidak kompeten/tidak lulus
- KKM 705atau 7,0 jika mengacu pada KKM
Produktif
Mengetahui,
Kepala smk negeri 2 takengon
|
Takengon, 06 februari 2017
Guru mata pelajaran
|
Hajarussalam, M.Pd
Nip
|
Dodi seprinaldi, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Kompetensi kejuruan Mekanik Otomotif
Kelas/Semester : III / I
Alokasi Waktu : 8 x 40
menit
Bidang studi
keahlian :
teknologi dan rekayasa
Program studi
keahlian : teknik
otomotif
Kompetensi keahlian : teknik kendaraan
ringan
Standart Kompetensi : 10. memperbaiki
poros penggerak roda
Kompetensi Dasar :
10.2 memperbaiki poros penggerak roda/drive shaft dan komponen – komponennya
Indikator pencapaian kompetensi:
ü
Jenis
gangguan dan penyebabnya dijelaskan
sesuai buku informasi
ü
Teknik
pelepasan penngerak roda dijelaskan sesuai service manual
ü
Pemeriksaan poros dan komponen dilakukan sesuai
service manual
ü
Penggantian komponen poros penggerak roda
dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan
ü
Memperbaiki poros penggerak roda dilaksanakan
tanpa menyebabkan keru-sakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
ü
Data yang tepat dilengkapi sesuai hasil
pemeliharaan/ servis.
ü
Seluruh
kegiatan pemeliha-raan/ servis poros penggerak roda/drive shaft dan
komponen-komponennya, dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures),
undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan
perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah materi ini dipelajari, siswa diharapkan
dapat memprbaiki poros penggerak roda/ drive shaft dan komponen – komponennya.
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
ü Perbaikan poros penggerak roda/drive shaft
III.
METODE
PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya
jawab
4.
Demonstrasi
5.
Praktek
IV.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
KEGIATAN
|
1.
|
Pendahuluan
1. Menyiapkan siswa berdoa, pemberian salam
dan presensi
2.
Memotivasi siswa tentang materi yang akan diberikan
|
2.
|
Kegiatan inti :
4. Melakukan penggantian bantalan roda
sesuai SOP
5. Melakukan pemeriksaan dan penggantian
sil poros penggerak roda
|
3.
|
Kegiatan Penutup
|
V.
ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
a. Alat :
- unit poros penggerak roda
- unit kendaraan
- special tool
b. Sumber belajar : - Modul pemeliharaan/servis
poros penggerak roda
-
Dasar-dasar automobile, Toyota Astra
VI.
PENILAIAN
Lembaran Soal dan Penilaian
No
|
Bentuk dan Butir soal
|
Uraian jawaban
|
Skor maks
|
1.
|
Jelaskan prinsip kerja poros penggerak
|
25
|
|
2.
|
konstruksi poros penggerak
|
25
|
|
3.
|
Jelaskan cara pengujian kerusakan propeller shaft
|
25
|
|
4.
|
Jelaskan cara membongkar propeller shaft
|
25
|
|
Jumlah Skor Maksimal
|
100
|
KKM ( KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL )
Mengacu kepada standart minimal penguasaan
kompetensi di dunia kerja yang bersangkutan.
- Kompeten/lulus
- Tidak kompeten/tidak lulus
- KKM 75 atau 7,5 jika mengacu pada KKM
Produktif
Mengetahui,
Kepala smk negeri 2 takengon
|
Takengon, 06 februari 2017
Guru mata pelajaran
|
Hajarussalam, M.Pd
Nip
|
Dodi seprinaldi, S.Pd
|